Wednesday, August 27, 2008

Liburan ke Oman 2008

Summer ini kami memutuskan engga mudik lagi, tapi pengen liburan dengan jalan darat ke Oman.
Yang dituju sebetulnya kota Salalah yang ada diujung selatan Oman.

Hanya karena jarak menuju Salalah dari Abu Dhabi sekitar 1340 km yang kalau ditempuh dengan mobil non stop bisa sekitar 15 jam, bakalan rontok neh kita2, maklum balung tuwo, kudu tau diri. :-?:P
Maka kami memutuskan untuk stop over dan transit di dua kota, juga pada perjalanan pulangnya, kami harus mampir Muscat, agar ananda bisa dengan pesawat langsung menuju Doha karena visa problem.

Visa Bamby hanya single entry, jadi hanya bisa sekali dipakai untuk masuk UAE, kebetulan ketika kami apply pada pertengahan bulan Juli, belum ada fasilitas multiply entry karena baru berlaku 1 Agustus *sob*, jadilah ananda kita lepas di Muscat ajah. Lalu kita menyusul 2 hari kemudian dengan pesawat.

Kota yang kita tuju untuk stop over adalah Nizwa, sekalian juga kita explore sekitar Nizwa yang emang cantik seperti Jabal Akhdar dan juga wadi Muaydin.
Kita habiskan 3 malam di Nizwa.
Jarak antara Nizwa ke Salalah masih sekitar 880 km karena itu kami stop over di rest house di Ghaftain semalam.
Jarak Nizwa - Ghaftain hanya 485 km saja yang kami tempuh kurang lebih 5 jam.
Setelah semalam di Ghaftain kami lanjutkan sekitar 405 km lagi hingga tiba di Salalah.

Di Salalah kami tinggal selama 6 malam, yang rasanya masih kurang, karena Salalah cantik banget, juga adem dan yang terpenting kota itu hampir gak ada mataharinya karena tertutup ama awan tebal dari Dhofar Mountain Chain.

Kembali dari Salalah, kami juga bermalam kembali di Ghaftain, lalu keesokan harinya kami lanjutkan perjalanan ke Muscat.
Di Muscat kami juga sempat explore beberapa tempat, meski terbatas karena kami hanya punya waktu 2 malam saja.

Dari Muscat kami langsung kembali ke Abu Dhabi, tiba dirumah jam 7 malam tanggal 11 Agustus, dan kami masih ada 1 hari full buat bebenah karena tanggal 13 pagi tepatnya subuh kami harus berangkat ke Doha dengan pesawat pertama, yang berarti jam 4.30 kami sudah dijemput mobil kantor untuk diantar ke bandara AD.

Di Doha seperti biasa perjalanan dines ngurus dorm dan bayar ini itu buat ananda, kami menginap di hotel yang lumayan nyaman tapi dengan harga yang cukup memandai buat kantong kami di Doha Seef Hotel, selama 3 malam.

Alhamdulillah tanggal 16 malam kami kembali masuk rumah dengan badan yang lumayan remek deeee...... tapi bahagia.
Ananda sudah "mapak" di Doha dan perjalanan kami juga rasanya sangat sukses.
Walau kami jalan sendirian, gak bersama rombongan teman2 tapi kayaknya okeh juga tuh...
beneran kenangan yang tak terlupakan dan kami masih pengen balik lagi ke Salalah inshaAllah tahun depan.

Dibawah ini beberapa diary kami selama perjalanan liburan kemarin itu.

Rencana Perjalanan

Abu Dhabi - Nizwa.

Selanjutnya postingan liburan kami ditulis oleh suamiku mas Bambang, yang kebetulan kok saya gak mood posting saat itu.